Laman

Selasa, 17 Agustus 2010

BELAJAR BAHASA LAMPUNG / LEARNING LAMPUNG LANGUAGE

Mempelajari bahasa lampung pada dasarnya sangat mudah terutama bagi kita yang memiliki keturunan lampung akan tetapi akan terasa sangat sulit bagi orang - orang yang berasal dari luar suku lampung. Bahasa lampung sendiri memiliki 2 dialek yang biasa di gunakan yaitu dialek API dan dialek NYOW dan tulisan lampung biasa di sebut AKSARA LAMPUNG. Seiring dengan arus modernisasi yang semakin gencar bahasa lampungpun ikut terjadi pergeseran,oleh karena itu banyak pula bahasa lampung sudah seperti bahasa melayu atau bahasa indonesia. Seperti contoh didaerah tempat saya tinggal sewaktu kecil yaitu krui lampung barat, banyak orang mengatakan bahwa bahasa lampung krui adalah bahasa lampung paling hancur, hal ini di karenakan sudah banyak bahasanya yang tercampur dari luar bahasa lampung seperti bahasa indonesia, bahasa padang, bahasa jawa, bahasa palembang dll.


Bahasa Lampung termasuk bahasa yang sangat bagus, sangat santun, sangat manis, sangat banyak, dan sekaligus sangat sulit.Berikut ini saya memberikan sedikit Kosakata Bahasa Lampung yang paling sering dipakai dalam kehidupan sehari - hari masyarakat lampung. Akan tetapi tulisan ini tidak mewakili seluruh bahasa lampung di karenakan penulis sendiri berasal dari Lampung yang menggunakan dialek API ( NEGERI RATU TENUMBANG LAMPUNG BARAT ). sehingga contoh yang di berika penulis banyak menggunakan dialek Api.


SELAMAT BELAJAR BAHASA LAMPUNG


Contoh Example :








BAHASA LAMPUNG
BAHASA INDONESIA
 ENGLISH LANGUAGE 




Api khabar ?
Sapa gelarkhmu ?
Jak ipa asalmu ?
Nyak jak Inggris
Nyak ghering jema niku
Nyak mak ghering jema niku
Phira rhega ni shinji
Phira Umorkh mu
Dipa Rangmu tinggal
Niku dacok nulung nyak ?
Jam phira tanno ?
Rhepa jaoh ni jak ija?
Jam setengah lima,
Ajo kajongku
Nyak haga pedom 
Nyak mabuya ireh
Dipa rhasan mu
Tamong/Datuk
Kajong/Andung
Bakas
Bebai
Mulli
Merkhanai
Sanak
Kanan
Kiri
Sai
Rhua
Telu
Epak
Lima 
Enom
Pitu
Walu
Siwa
Puluh
Serhatus
Serhibu
Pagi Ji
Dawah ji
Debi kanah 
Bingi ji
Balak
Lunik
Sikop
Burak
Rhebah
langgarkh
Buhung
Jujorkh
Nyak haga mulang
Merkhuyuh
Sihat 
Apa kabar ?
Siapa namamu ?
Dari mana asalmu ?
Saya dari inggris
Aku cinta kamu
Saya benci kamu
Ini berapa harganya
Berapa umurmu
Kamu tinggal di mana ?
Kamu bisa bantu saya ?
Jam berapa sekarang ?
Berapa jauh dari sini ?
Jam setengah lima
Ini istri/suami saya
Saya mau tidur
Saya sangat capek
Mana pacarmu
Kakek
Nenek
Laki-laki
Perempuan
Gadis
Bujang
Anak-anak
Kanan
Kiri
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima
Enam
Tujuh
Delapan
Sembilan 
Sepuluh
Seratus
Seribu
Pagi ini
Siang ini
Nanti sore
Malam
Besar
Kecil
Cantik
Jelek
Pendek
Tinggi
Bohong
Jujur
Saya mau pulang
Sakit
Sehat
How Are You ?
What is your name ?
Where are you from /
I come from england 
I Love you
I hate you
How much this ?
How old you ?
Where do you live ?
Can you help me ?
What time is it ?
How long from here ?
half past fourth
This is my wife/husband.
I want to sleep
Im very tired
Where is your girl friend.
Grandfather
Grandmother
Male
Female
Girl
Bachelor
Son
Right
Left
One
Two
Three
Fourth
Five
Six
Seven 
Eight
Nine 
Ten
Hundred
Thousand
This morning
Today
This afternoon
Tonight
Big
Small
Beautiful
Ugly
Short
High
Lie
Honest 
I want to go home
sickness
healthy






Tidak ada komentar: